30 September 2008

KETIMUS

Suatu hari aku kepingin makan ketimus. Lihat di dalam kulkas (freezer) masih ada satu bungkus Cassava, yaitu singkong parut yang kubeli di Toko Asia. Terus buka lemari lihat masih ada juga kelapa parut kering dan gula jawa 2 tangkep. Nah, lengkap sudah bahan untuk buat ketimus!

Resepnya aku cari-cari dari internet, aku kumpulkan dari beberapa sumber. Semua resepnya hampir sama. Takarannya aku kira-kira sendiri. Karena nggak ada daun pisang, aku pakai aluminium foil.

Langsung bahan-bahan aku olah, kemudian di kukus. Setelah matang kulihat hasilnya kok agak pucat! Ternyata karena kurang gula jawa, rasanya pun kurang manis! Untung masih bisa dimakan. Supaya berasa cukup manis, waktu makannya ketimus aku guyur lagi dengan sirup karamel.


Seperti ini penampakan ketimusnya, pucat !! Kuberi nama: Ketimus Bule.

Bahan:
- Singkong parut
- Kelapa parut kering
- Gula jawa + Gula pasir.
- Garam + Vanili powder

Isi:
- Pisang tanduk yang sudah di kukus dulu, belah 4 memanjang.

Cara membuatnya:
Aduk semua bahan sampai rata.
Ambil sesendok, ratakan di atas alu-foli.
Taruh irisan pisang di atasnya.
Pulung hati-hati agar pisang ada ditengah.
Kukus selama 45 menit.
Angkat. Diamkan hingga dingin.
Buka ketimus satu persatu.
Sajikan.
Sisanya simpan di kulkas tahan 4 hari.


Penasaran ...
aku mau bikin ketimus lagi.
Sengaja pergi ke toko Asia cari gula jawa.
Ternyata menemukan gula jawa bubuk buatan Bali, Indonesia. (Lihat foto dibawah).
Warnanya lebih coklat dibandingin dengan gula jawa batokan.

Kali ini bikin ketimusnya tidak pakai isi pisang, juga tidak dipulung. Langsung di gelar di atas loyang porselan persegi. Hasilnya bagus, coklat. Rasanya pun manis dan harum gula jawa terasa banget. Mau makan tinggal potong2. Enak, yum .. yum...! Aku beri nama:
KETIMUS LOYANG

Bahan (kira-kira sendiri takarannya):
- Singkong parut 1 bungkus (ca. 400 gr)
- Gula jawa bubuk 1 bungkus (wangi, warnanya coklat banget, buatan Bali, Indonesia).
- Garam + Vanilli powder 1bgks.

Cara membuatnya : (sama spt diatas)
Aduk semua bahan jadi satu.
Taruh dalam pinggan porselan.
Kukus selama 45 menit.
Angkat dan dinginkan.
Potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.
Sajikan.



Gula jawa bubuk :
Bali Kitchen Palmzucker. Rasanya enak dan wangi.

No comments: