2 October 2008

KACANG WALNUSS (2)


Ini adalah pohon walnuss di kebun tetangga. Tahun kemaren (2007) hasil panen kacang walnuss dari kebun mereka sangat banyak dan bagus. Aku dibagi banyak sekali. Tapi tahun ini (2008) hasil panen pohon walnuss mereka kurang baik. Yaitu kulit kacangnya tidak lagi mengelupas secara alami, tetapi sebagian daging buah kacangnya masih hijau dan menempel pada bijinya, namun sudah jatuh ke tanah.


Kemungkinan karena pohonnya sudah tua kata mereka. Walaupun begitu, mereka menawarkan kepada kita hasil panennya. Kita tidak menolaknya. Kacang walnus hasil panen kali ini,  setelah dibersihkan ternyata masih enak dimakan dan tetap terasa renyah.

Berikut adalah foto2, bagaimana kita membersihkan kacang walnuss tersebut hingga menjadi siap dimakan.


Buah walnuss masih hijau


Tiga buah walnuss


Buah walnuss yang sudah jatuh ke tanah, sebagian masih hijau.


Buah walnuss yang dagingnya sebagian sudah mengering dan jatuh ke tanah.


Buah walnuss yang hanya sebagian dagingnya mengering dan jatuh ke tanah.



Variasi buah walnuss yang sudah jatuh ke tanah, sebagian masih terbungkus daging buah.


Daging buah yang menempel di biji kacang walnuss di kerat dengan pisau.


Biji walnuss sudah gundul, tapi masih lembab. Aku taruh di atas heater agar kering.


Setelah kering, pecahkan kulit biji walnuss dengan alat pembuka special (Walnut opener).


Daging kacang walnuss, bentuknya seperti otak manusia.
Kacang walnuss siap dimakan. Sebelum disimpan dalam toples, angin-anginkan dulu selama beberapa hari supaya benar2 kering agar tidak jamuran. Tahan setahun di simpan dalam plastik kedap udara. ~~~~


Walnut opener, kacang walnuss dimasukkan kedalam bulatan, lalu ditekan keras2. Hingga retak dan pecah2 agar mudah diambil daging bijinya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
TIPS
Ketika menguliti kacang walnus, harus pakai sarung tangan. Karena buah walnus yang setelah jatuh ke tanah, kulitnya menjadi berwarna hitam, bila kena kulit tangan terlalu lama, warnaya menempel seperti sepuhan hitam loh, akibatnya sulit sekali membersihkan jari-jari yang hitam, tidak bisa segera hilang walaupun sudah dicuci dengan sabun berkali-kali. Bersihkan jari-jari dengan air jeruk lemon, iris jeruk lemon, lalu remas-remas pada jari-jari yang ternoda. Kemudian bilas dengan air bersih.

No comments: