15 October 2012

Tips : Merebus Daun Singkong




Cara alami merebus daun singkong agar hasilnya lebih hijau dan lebih (cepat) empuk adalah dengan merebus daun singkong dalam air seperlunya menggunakan panci terbuka. Dengan dibuka, asam yang terbentuk selama perebusan akan "terbang", tidak lagi bercampur dengan air perebus. Kalaupun ada nutrisi yang hilang menguap, umumnya hanya vitamin seperti vitamin B - yang justru bukan menjadi kandungan utama daun singkong.

Untuk mempercepat pengempukan daun singkong rebus, kita bisa meniru cara yang aman yang dilakukan oleh nenek kita dulu. Misalnya dengan memasukkan beberapa sendok makan atau garpu ke dalam rebusan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan suhu air perebus.
TIDAK DIANJURKAN untuk
menambahkan soda kue ke dalam rebusan daun singkong seperti yang sering dilakukan masyarakat dengan tujuan [1] menjadikan warna daun singkong lebih hijau, dan [2] daun singkong lebih (cepat) empuk.

KARENA :
Kondisi alkalin tinggi akan merusak jaringan daun singkong, yakni kandungan serat kasar dan pektin (jenis serat larut), sehingga teksturnya menjadi lebih (cepat) empuk. Bersamaan dengan itu, klorofilnya pun ikut terurai, sehingga warnanya menjadi lebih hijau. Dengan kata lain, daun singkong rebus empuk yang kita nikmati itu kualitas serat dan pigmen antioksidannya sudah sangat berkurang. Kemungkinan banyak mineralnya pun ikut terbuang bersama air perebusnya, terutama zat besi dan kalsium - yang kandungannya cukup tinggi dalam daun singkong.

.

3 comments:

tehNita said...
This comment has been removed by the author.
tehNita said...

saya sudah coba dan hasilnya empuk, terima kasih tipsnya...

Unknown said...

Terimakasih gan, sudah berbagi tipsnya.. mantap deh
Baca juga :

Pabrik tas branded



Pabrik tas branded KW





Dompet wanita