29 July 2011

Reibekuchen atau Kartoffelpuffer




Sebutan makanan ini dalam bahasa Jerman adalah Reibekuchen atau Kartoffelpuffe. Makanan kudapan ini adalah makanan Jerman. Bahannya dari kentang yang diparut, kemudian dicampur dengan tepung terigu dan telur, lalu digoreng. Dimakannya dengan saus Apel (Apfelmus).
Kebetulan ketika aku membezoek seorang teman di rumah sakit, dia bercerita ingin makan Reibekuchen. Dia beritahu resepnya dan takarannya. Tiba dirumah segera aku catat resepnya dan langsung aku praktekkan!

Aku makan Reibekuchen hanya sekali-kali saja.  Bila ada acara pasar malam yang digelar setahun 2 kali di kota aku tinggal, aku selalu mampir ke tenda yang jual Reibekuchen. Atau ketika berkunjung kerumah mama mertua, disana juga disuguhkan Reibekuchen yang dibeli dari kantin kecil, buatan rumahan, enak sekali, garing renyah.

Kebetulan sekali, aku lihat di dapurku masih ada kentang yang belum sempat aku masak-masak juga. Sayang kalau kelamaan kentang disimpan akan cepat tumbuh tunas dan membusuk. Maka dengan semangat aku mencoba bikin Reibekuchen sesuai resep sederhana pemberian temanku tadi. Segera aku siapkan perabotan dan bahan-bahannya.

Mulailah aku  heboh sendiri di dapur,  mengupas, memarut, mencacah, mengiris, mengocok, mengaduk!Setelah adonan selesai, sekarang tinggal menggoreng! Akhirnya selesai sudah!  Ternyata  tidak susah bikinnya, juga tidak repot.  Begitu selesai, cepat juga habis dimakannya.  Aku makannya dengan Plum Sauce. Lezattttt .!!!!

Siapa yang mau ikut mencoba, silahkan ..
In Resepnya.
Guten Appetit !!


Kartoffelpuffer / Reibekuchen
Resep dari Marie Hildenbeutel (21.07.2011)
Porsi utk 2 Orang.

Bahan:
4 buah kentang ukuran sedang, diparut kasar
1 buah bawang bombai ukuran besar, di cacah kasar
1 batang daun bawang, diiris halus (boleh diabaikan)
1 butir telur ayam
1 SM Tepung Terigu
garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya:
1) Pertama-tama kocok telor ayam + Tepung terigu sampai rata kalis.
2) Kupas bawang bombay, cacah kasar
3) Daun bawang iris halus, pisahkan
3) Terakhir kupas kentangnya, parut kasar
(jangan kelamaan, kentang jadi berubah warna coklat dan berair)
4) Masukkan parutan kentang + bawang bombay kedalam adonan tepung, lalu aduk2 sampai rata.
5) Terakhir masukkan irisan daun bawang, aduk sampai rata
6) Siapkan wajan dengan minyak panas
7) Goreng adonan Reibekuchen satu sendok per satu sendok.















-

No comments: