29 July 2011

Bakwan Jagung



Tiba-tiba kangen makanan masa kecil, yaitu Bakwan Jagung yang dijual di Pasar Gang Baru Semarang.

Aku cari resep Bakwan via Google, tapi kok tidak ketemu yang aku inginkan.
Akhirnya aku kumpulkan semua resep Bakwan Jagung dari internet, kemudian aku modifikasi dengan bahan-bahan yang kebetulan ada di dapurku. Bumbunya tidak pakai takaran, semua dikira-kira sendiri saja.

Hasilnya ...
walaupun tidak sama lagi rasanya seperti bakwan Gang Baru Semarang yang pernah aku rasakan ketika masa kecil doeloe, sudah cukup puas saat ini menikmatinya sambil membayangkan masa doeloe. Enak dimakan dengan nasi hangat, nikmat lagi dicocol dengan kecap cabe rawit, wangi bawang bombai dan daun seledri, begitu masuk mulut hmm.. langsung dikunyah pelan-pelan, hmm..!!

Keesokan hari bakwan jagungnya belum habis, aku bikinnya tanpa takaran, jadi kebanyakan untuk dimakan berdua. Baru sadar setelah selesai, ajubilah ini porsi untuk 5 orang!

Hari ini aku makan bakwan jagung lagi sampai puas,  tanpa nasi. Dimakan sebagai camilan dengan irisan ketimun. Sedap dan puas benar!

Resepnya aku simpan disini, supaya aku tidak lupa kalau mau bikin bakwan jagung lagi.


Bakwan Jagung
(Resep modified by Lenny Klemstein)

Bahannya:
1 dus kecil udang kecil yang sudah dikupas
2 Kaleng besar Jagung Manis Pipilan, diblender
5-8 SM Tepung Terigu
2 SM Tepung Tapioka
1 Telur Ayam ukuran besar, dicampur dalam adonan
3 batang daun Bawang, diiris tipis2
2 batang daun seledri, ambil daunnya saja, iris halus2

Bumbu halus :
2 Bawang Bombai ukuran besar, diblender
8 butir Bawang Putih, diblender
1/2 - 1 ST Ketumbar
1/2 ST Jinten
1/2 ST Lada kasar
1-2 ST garam

Cara membuatnya:

1) Tempatkan semua bumbu halus dalam suatu wadah yg cekung. Masukkan kedalamnya jagung yang sudah diblender, tepung terigu dan tepung tapioka, telur dan aduk semuanya perlahan hingga rata. Masukkan sisa bahan lainnya, aduk lagi.

2) Panaskan minyak goreng cukup banyak diatas api sedang, lalu goreng adonan bakwan sesendok demi sesendok hingga matang. Angkat dan tiriskan.


























No comments: