11 March 2009

AGAR-AGAR

Contoh sumber serat makanan yang enak dan aman dikonsumsi (tidak menimbulkan dehidrasi) adalah makanan yang berasal dari rumput laut, yaitu agar-agar. Senyawa hidrokoloid yang berasal dari rumput laut, seperti agar-agar, karaginan, dan alginat, pada umumnya memiliki keseimbangan yang cukup baik antara sifat hidrofilik dan sineresisnya. Agar-agar, setelah diseduh air panas dan kembali ke suhu kamar sudah mencapai kesimbangan, dan setelah di perut tidak lagi menyerap air. Bahkan karena proses enzimasi dan keadaan lambung yang asam membantu mempercepat sineresis agar-agar.

Agar-agar bisa dikonsumsi sebagai desert, dengan bervariasi menyajikannya supaya tidak bosan. Salah satu resep yang sudah saya buat adalah :

AGAR-AGAR GULA JAWA




Bahan :
1200 ml air matang
Gula Jawa secukupnya (saya pakai gula jawa bubuk, kira-kira takarannya)
Sedikit garam
1 bgks vanili bubuk
2 bgks agar-agar bubuk plain
2 butir putih telur, kocok kaku

Caranya:
- Gula jawa larutkan dengan air sampai rata tercampur, cicipi rasanya dan sesuaikan manisnya dengan selera kalau kurang manis bisa ditambah, lalu saring sampai bersih. -- Masukkan vanili, garam, dan agar-agar bubuk, lalu aduk rata.
- Masak larutan agar-agar gula merah sampai mendidih. Angkat
- Kocok putih telur sampai mengembang dan kaku lalu masukkan ke dalam larutan agar-agar sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan tinggi.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah dibasahi dengan sedikit air supaya agar-agar mudah lepas saat dipotong.
- Dinginkan dan sajikan jika agar-agar sudah mengeras.


No comments: