9 December 2008

Tiga Khaisiat Minyak Zaitun

(INFO NUTRISI)

KHASIAT MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun (olive oil) merupakan minyak yang diperoleh dari buah-buah zaitun. Sebagian besar kandungan lemaknya berupa lemak sehat yang mudah rusak jika dipanaskan. Karena itu, untuk mendaptkan manfaat sehatnya, minyak zaitun sebaiknya dikonsumsi mentah, sebagai minyak salad atau diminum begitu saja (2 sendok makan per hari).

1. MENYEHATKAN JANTUNG
Minyak zaitun kaya antioksidan, seperti klorofil, karotenoid, vitamin E, oleuropein, yang mencegah "kolesterol jahat" LDL menempel pada dinding pembuluh darah membentuk "kerak". Minyak zaitun secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung.

2. MENGHAMBAT KANKER
Hasil penelitian yang diterbitkan Annals of Oncology 2005 telah menemukan asam oleat, yakni salah satu jenis asam lemak tak jenuh tunggal, pada minyak zaitun mampu menghambat pembentukan sel kanker.

3. MENGONTROL KADAR GULA DARAH
Pengidap diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes diharapkan mengombinasikan diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks dengan minyak zaitun. Beberapa studi menunjukkan kombinasi ini sangat efektif mengontrol kadar gula darah dibanding hanya diet rendah lemak saja.

Sumber: Majalah FIT Oktober 2008

No comments: